Memilih durian ala julia perres

Tips yang rada aneh tapi uda banyak yang nyoba :

1. Liat dulu batangnya.. kalo bisa dicicipi batangnya karena dari batang itu dimasukan cairan cabe, lada dan ragai agar durian mentah cepat matang... kalo terasa salah satu dari bahan tsb berarti durian itu bukan matang pohon.
2. Sampai di rumah duren bisa langsung dihabiskan atau di simpan di kulkas, dijamin bisa tahan sampai 1 minggu kadang bisa lebih.
3. Air putih biasa ditaruh di kulit durian trus diminum juga ampuh menghindari mabok durian plus menghilangkan bau mulut akibat durian yang diminum...
4. Minum 1 gelas air putih dolo biar ga mabokk, tapi ya jangan makan 3 glundung sendirian.

Tips utamanya nih, biar ga salah pilih :

1. Memilih dari bentuk
memilih durian yang berbentuk unik, bukan durian yang berbentuk bulat bagus. Kenapa? Karena buah yang memiliki bentuk unik dan tidak bulat, isinya tebal, manis, dan bijinya kurus. biasane kalau rada lonjong lebih yahud isinya.

2. Pilih yang berduri
pilihlah durian yang memiliki duri yang jarang, besar dan agak tumpul karena isinya bagus, dagingnya kering dan manis.

3. Memeriksa kulit
Pastikan kulit luarnya tidak cacat. Jika ada cacat pada kulitnya (misalnya busuk, ada lubang ulat), isi dalamnya pasti busuk, bisa-bisa semua isinya tidak dapat dinikmati. Dan jangan memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada ujungnya. Retak atau pecahnya kulit durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas sehingga rasa buah tersebut menjadi asam atau tawar.

4. Menangkap bau
Durian yang matang akan mengeluarkan aroma yang kuat, dan harum. Untuk itu sebelum membelinya cobalah sedikit merapatkan hidung anda pada durian. Tangkaplah sebagian dari molekul-molekul yang telah menguap dari durian dengan menggunakan hidung yang sehat. Kalau kurang berbau, artinya durian tersebut tidak sempurna matangnya. Dicurigai buah tersebut matang tidak secara alami melainkan telah dikarbit atau diperam. Buah yang seperti ini tidak lagi segar dan rasanya kurang nikmat.

5. Menggoncangkan durian
Jika anda merasakan getaran kecil, itu artinya isi buah tersebut kering dan matang, karena isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam. Sedangkan isi yang lembab atau terlalu lunak akan melekat.

6. Memukul durian
Duren diketok dengan pangkal pisau atau punggung pisau. Kalau bunyinya 'dung' yang ada gaungnya, berarti udah matang. Kalau bunyinya 'tuk' dan nyaring, berarti belum matang.

7. Pilih yang belum retak atau belah. Yang udah retak atau belah itu, rasanya anyep. Karena matangnya dikarbit. Biasanya, tidak ada bau duren lagi.
Kalau retak atau belah kecil diujung, masih bisa diterima. Asalkan bau durennya ada.

8. Periksa seluruh kulitnya. Kalau ada lobang kecil hitam yang basah, berarti ada ulatnya dan busuk.
Kalau lobang hitam yang kecil dan kering, berati ada ulat sedikit. Tidak banyak yang busuk.

9. Paling mantab kalau mau makan duren mending langsung di lapaknya langsung, Kalo makan ditempat minta dipilihin sama yang jualnya secara dia ahlinya dan minta garansi kalau memang isinya ga manis atau busuk, biasanya dikasih.


Kapan makan durennya nih, panjang juga tips2 nya.
oke deh, langsung aja deh ke TKP langsung praktekin ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar