Membuka akses internet yang di Tutup

Banyak administrator jaringan yang membatasi akses peserta jaringan ke Internet. Biasanya, administrator hanya membuka port 80 atau 8080 (HTTP), 443 (HTTPS), 21 atau 210 (FTP). Bahkan, kebanyakan, administrator hanya membuka satu port HTTP saja, yaitu port 80. Akibatnya, Anda hanya dapat berselancar. Lain dari itu, terblokir habis: Yahoo, AIM, MSN, apalagi tool peer-to-peer. Untungnya, semuanya dapat diakali dengan Proxy-Cap.

ProxyCap adalah tool HTTP Tunneling yang akan menyalurkan semua permintaan Internet ke port HTTP. Dengan demikian, apa pun aplikasi yang Anda gunakan, port berapa pun yang diminta, semuanya akan disalurkan ke port HTTP (80 atau 8080) yang diperbolehkan oleh administrator.

ProxyCap dapat Anda peroleh dari http://proxylabs.netwu.com. Download
dan instalasikan ke dalam PC Anda. Proses konfigurasinya sangat sederhana.
Pertama, klik kanan icon ProxyCap dalam TaskBar dan pilih Preferences. Di sebelah kiri, klik Proxies, dan klik tombol "New proxy server" di sebelah kanan. Pilih tipe proxy yang dapat
diakses dalam jaringan Anda: Socks v5, Socks v4, atau HTTP. Ketikkan alamat proxy server Anda berikut nomor portnya.

Jika jaringan Anda mengharuskan adanya nama pengguna dan password, beri tanda di samping "Required Authorization". Ketikkan informasi yang sesuai dalam kolom User Name dan Password.
Klik "OK" dan pindah ke halaman Rules. Klik tombol paling kiri di jendela sebelah kanan (New Tunneling rule). Untuk Rule Type, pilih "Tunnel through proxy". Pilih proxy Anda dari kotak pilihan yang tersedia. Di bawah Application, aktifkan tombol Specify dan klik tombol bertanda elipsis (...). Pilih pogram yang akan Anda samarkan dengan ProxyCap. Di sini, CHIP mengambil program Bit-Comet. Biarkan pilihan lainnya dalam kondisi default. Klik "OK" untuk menutup
jendela New Tunneling Rule.

Dengan cara yang sama, daftarkan aplikasi-aplikasi
Internet Anda yang tidak dapat dijalankan akibat port-nya terblokir. Setelah semua program Anda daftarkan, klik lagi tombol New Tunneling Rule. Kali ini, pilih "Force direct connection" untuk Rule Type dan aktifkan "All Programs" untuk jenis aplikasinya.

Klik "OK". Aturan terakhir ini harus terletak di urutan paling bawah. Jika tidak, aturan setelahnya tidak akan berlaku. Urutkan dengan bantuan tombol panah atas/bawah dalam jendela Rules. Di halaman Miscellaneous Anda dapat memilih apakah ProxyCap akan dijalankan setiap kali Windows restart atau tidak.

Sekarang, apa yang perlu diubah dalam aplikasi-aplikasi Internet Anda? Tidak ada yang perlu diubah sedikit pun. Instalasikan dan jalankan. Aplikasi yang semula tidak dapat dijalankan kini
akan dapat bekerja secara normal. Perlu diingat bahwa selama beberapa saat akan ada sedikit kelambatan (lag) saat aplikasi Anda dijalankan pertama kali. Kadang-kadang, lag ini terlihat
seperti kondisi hang. Ini karena Proxy-Cap sedang mempersiapkan proses tunneling untuk menyalurkan permintaan aplikasi ke port HTTP. Setelah persiapan ini selesai, aplikasi Anda akan bekerja secara normal—dalam beberapa kasus malah dapat lebih cepat dibandingkan tanpa melalui ProxyCap.

take from majalah chip digital

1 komentar: