Tips mengoptimalkan dan merawat baterai notebook

Dihalaman ini ada beberapa tips ringan mengenai pengunaan, perawatan dan pengoptimalan baterai notebook khususnya jenis Lithium-ion, o ya jenis baterai memiliki keunggulan dibanding dengan jenis lain, memiliki kinerja tinggi dan mudah digunakan serta tahan lama apabila tidak dibanting alias pengunaannya sesuai prosedur .

1. Hal mendasar dari baterai lithium-ion adalah masa charge baterai ini 500x charge, selebihnya bonus buat kita .
2. Sel- sel baterai akan mengalami penyusutan/menua dalam 2-3 tahun baik digunakan atau tidak
3. Umur dari baterai ini tergantung dari temperatur dan cara penyimpanan, lebih baik disimpan pada tempat yang kering dan tidak lembab kalu perlu tambahkan dryer (butiran pengering) serta jangan teledor bila menyimpan baterai .
4. Charge baterai ketika hampir kosong atau dibawah 10% (indikator baterai) pada tipe laptop hig-end sudah memiliki chip yang menghitung siklus charging dan mengaktifkan proses charging hanya bila dibutuhkan.
5. Saat baterai tidak digunakan dalam waktu yang lama copot dan simpan saja, tapi sebelumnya baterai sebaiknya disisi hingga 60% dan temperatur sekitar 15 derajat celsius dan tidak lembab
6. Jalankan program sedikit saja, hal ini untuk menghemat tenaga dari baterai. semakin banyak program yang berjalan secara otomatis kerja processor akan bertambah sehingga membutuhkan daya dari baterai.
7. Kurangi brightness layar notebook karena sebagian besar daya baterai diambil untuk konsumsi layar.
8. Gunakan setinggan power management diwindows dan default performance dibios agar baterai lebih awet .
9. Jagalah kebersihan colok -kan baterai agar tidak menimbulkan korosi
10. Beberapa tipe notebook memiliki teknologi yang berbeda- beda dalam pengunaan baterai, saat baterai full ada yang menganjurkan dicopot atau tidak. Mekanisme yang dipakai ketika baterai tidak dicopot tidak menganggu kinerja baterai karena saat baterai full maka aliran listrik langsung menuju Motherboard tidak melewati baterai hal ini untuk memfungsikan baterai sebagai UPS ketika listrik mati.untuk itu lebih bijaknya baca buku manual notebook masing- masing agar tau teknologi yang dipake.
11. Gunakan baterai dan charge yang ori sesuai merk notebook masing- masing hal ini untuk menjaga pasokan daya listrik sesuai .
12. Letakkan notebook dengan dasar yang keras bukan bantal agar sirkulasi udara terjaga sebab bantal atau bahan sejenisnya lebih mempercepat panas pada dasar laptop.

Sekian , ingat ini hanya berguna bagi laptop bukan untuk pc.
peace .

p.s : sayangi baterai kamu, mahal loh barunya .

Beberapa ambil dari majalah chip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar