Akhirnya jatuh ke TP-LINK TL-WR543G

Rencana awal mau pake linksys yang sudah di upgrade DDWRT, setelah diitung- itung biaya nya mending buat beli kabel, selisihnya cukup banyak sekitar 300ribu, tambah dikit udah dapat 2 yang merk TPlink .

pertimbangannya karena hanya dipakai buat hotspot cafe kecil- kecilan, hmm dari pengunjung max 10 an, tempat ga begitu luas, diameter 50meter, dengan gain 4db kata mas yang di jogjabolic sudah bisa dicover pake Tplink .

Matsud hati pengen di sambung ke mikrotik router, kalau bisa digambarkan seperti ini

Lebih mudahnya dengan membahkan interface baru di router untuk AP . jadi tidak melalui interface di local . selain untuk mempermudah management bandwith serta management user.

sampai saat ini AP sudah running dan UP, tinggal sekarang manajement user, security dan sisanya .

disini ada tutorial mengenai setup hotspot mengunakan radius dan user-man. tutorial wa nyomot dari forum mikrotik, yang berkenan silahkan didownload aja.

saya baru pertama kali ini setup hotspot jadi kalau ada yang mampir, tolong di kasih testi yak :D

semua alat dah tutorial sudah tersedia nih, tinggal nglakoni alias implementasi.

6 komentar:

  1. mantap gan. keep posting.

    BalasHapus
  2. aku juga punya WR543, dipakai hotspot sendiri, signalnya lumayan, securitynya juga lumayan. Kalau mode-nya gk ada yg ngalahin (AP, Router+AP, & Client Router)[sayang ndak bisa repater]. Mungkin satu2nya router yg bisa client.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan, tuh alat support untuk penggunaan dual Modes yah? AP Router dan AP Client Router bisa barengan ? ane nyoba bgy repeater hotspot kok ga bisa yah? ...

      Hapus
  3. iya mas memang lengkap, dan awet sudah 6 bulanan.

    BalasHapus
  4. gimana setting ap wr543g tanpa mikrotik? aku pakai speedy mohon bantuannya

    BalasHapus
  5. Kebetulan nih saya juga pake.. tapi belum dipasang,soalnya ga tahu nyetingnya.. konsepnya sama dengan gambar diatas, bisa bantu seting IP, WAN dan Wirelessnya ga..?
    Thanks b4..

    BalasHapus