Implementasi Hotspot dengan router mikrotik

Tak mudah juga membuat hotspot dengan router mikrotik mengunakan AP TPLINK, tapi dengan bantuan para sesepuh dan beberapa temen akhirnya bisa juga diaplikasikan. selama setup hotspot berlangsung banyak mumetnya tapi juga banyak asiknya, beberapa hal yang penting untuk saya tuliskan disini adalah

1. AP pake TP-LINK TL-WR543G
2. Router mikrotik masih dengan jamunya [masih dalam request beli DOM]

Setup yang pertama kali musti dilakukan adalah, mengeset AP menjadi mode Router AP, bisa dilakukan dengan masuk ke web setupnya di alamat 192.168.1.1 tapi sebelumnya di set dolo ip address kompi dengan 192.168.1.2 netmask 255.255.255.0 . nah di browser ketikan aja 192.168.1.1 sekonyong- konyong akan masuk ke mode setup. hehe harusnya uda pada ngerti nyang seperti ini.

nah, karena pengaturan dhcp, firewall rule, security pake punya mikrotik maka disable semua settingan yang ada di AP, WAN di buat dynamic . Setelah selesai setup AP selanjutnya siapin router mikrotiknya.

Hal lain yang perlu diketahui adalah hotspot ini hanya untuk radius 50an meter jadi mengunakan antena bawaan masih cukupan [katanya], uji coba yang real masih seminggu lagi.
sementara ini masih dalam pengembangan setting user dan secutity.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar