Migrasi mikrotik ke hardware baru

Beberapa hari yang lalu terjadi beberapa insiden yang melibatkan oknum mikriting, mengakibatkan koneksi internasional putus beberapa kali, sehingga membuat user mengunggu dan mengunggu untuk online.. online.. usut- punya usut bukan mikritingnya yang bersalah tapi slot PCInyaa!! .

Demi kenyamanan bersama tercetuslah gagasan untuk menganti komponen mikrotik dalam hal ini satu set pc lengkap pentium 4, ram 128mb, hdd 40gb . dengan 5 slot LAN card yang berasal dari berbagai merk dari segi jeroan sih sama cuma yang membedakan adalah sehat dan tidaknya, karena dituntut untuk online all day long.



Persiapannya cuma cdrom+cd mikriting, obeng,kabel crossover, tapi sebelumnya backup dolo mikritingnya, seperti biasa masuk winbox, ke File>backup. drag and drop aja file backup tadi di kompi, ok simpan baik2. selanjutnya install mikriting baru , ok beres, kasih package yang diperlukan aja, sys shut. yes.

Ambil semua lancard di pc lama lalu pasang di pc yang baru, ok . idupin pc barunya, colok cable crossover di salah satu lancard hubungkan dengan pc yang nganggur, masuk ke winbox langsung klik aja tombol search, oke tersambung ke mikriting .
biar cepet transfer filenya set ip address di salah satu interface dengan perintah:
/ip add add add=10.0.1.0 netmask=255.255.255.0 interface=ether1
copot kabel lannya colokin ke ether1, login winbox buka File, lalu drag and drop file backup tadi ke window file , restart mikriting.
Ok, tinggal colokin kabel Lan nya , inet, local, hotspot, squid. sip.
Terakhir ngeset ulang user-mannya, sip .
selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar