Omong kosong Energi Nuklir sebagai Penyelamat Manusia

Banyak anggapan dan banyak orang yang buta akan bahaya energi nuklir, energi yang sering digembar- gemborkan bisa membantu menghidupi dan menyelamatkan energi di Bumi . tapi tau kan kalian bahwa semua itu adalah omong kosong?

tidak ada yang lebih bagus dari energi nuklir yang memiliki energi besar, kecuali kebocoran limbah nuklir dan radiasi , ke duanya memiliki akibat yang terasa tidak hanya dalam hitungan hari atau bulan tetapi puluhan tahun (silahkan baca pada gambar kasus chernobyl).

Reaktor nuklir sangat membahayakan dan mengancam keselamatan jiwa manusia. Radiasi yang diakibatkan oleh reaktor nuklir ini ada dua. Pertama, radiasi langsung, yaitu radiasi yang terjadi bila radio aktif yang dipancarkan mengenai langsung kulit atau tubuh manusia. Kedua, radiasi tak langsung. Radiasi tak langsung adalah radiasi yang terjadi lewat makanan dan minuman yang tercemar zat radio aktif, baik melalui udara, air, maupun media lainnya.

Keduanya, baik radiasi langsung maupun tidak langsung, akan mempengaruhi fungsi organ tubuh melalui sel-sel pembentukannya. Organ-organ tubuh yang sensitif akan dan menjadi rusak. Sel-sel tubuh bila tercemar radio aktif uraiannya sebagai berikut: terjadinya ionisasi akibat radiasi dapat merusak hubungan antara atom dengan molekul-molekul sel kehidupan, juga dapat mengubah kondisi atom itu sendiri, mengubah fungsi asli sel atau bahkan dapat membunuhnya. Pada prinsipnya, ada tiga akibat radiasi yang dapat berpengaruh pada sel. Pertama, sel akan mati. Kedua, terjadi penggandaan sel, pada akhirnya dapat menimbulkan kanker, dan ketiga, kerusakan dapat timbul pada sel telur atau testis, yang akan memulai proses bayi-bayi cacat. Selain itu, juga menimbulkan luka bakar dan peningkatan jumlah penderita kanker (thyroid dan cardiovascular) sebanyak 30-50% di Ukrania, radang pernapasan, dan terhambatnya saluran pernapasan, juga masalah psikologi dan stres yang diakibatkan dari kebocoran radiasi.

Ada beberapa bahaya laten dari PLTN yang perlu dipertimbangkan. Pertama, kesalahan manusia (human error) yang bisa menyebabkan kebocoran, yang jangkauan radiasinya sangat luas dan berakibat fatal bagi lingkungan dan makhluk hidup. Kedua, salah satu yang dihasilkan oleh PLTN, yaitu Plutonium memiliki hulu ledak yang sangat dahsyat. Sebab Plutonium inilah, salah satu bahan baku pembuatan senjata nuklir. Kota Hiroshima hancur lebur hanya oleh 5 kg Plutonium. Ketiga, limbah yang dihasilkan (Uranium) bisa berpengaruh pada genetika. Di samping itu, tenaga nuklir memancarkan radiasi radio aktif yang sangat berbahaya bagi manusia.

Klik gambar untuk memperbesar

Bacaan lengkapnya disini . Ada komik bertemakan nuklir, silahkan di baca semoga dapat ilmu baru dan jadi ngerti mana yang bermanfaat dan tidak .

http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/
akhir-dari-zaman-nuklir-2/Komik_anti-nuklir

2 komentar:

  1. benere apik nuklir kie.... sdm indonesia pun udah baek nangani masalah ini..
    cuman masi belum tepat di terapkan di indonesia
    masi ada sumber alam yang belum di manfaatkan secara maksimal di indonesia contohnya.. panas bumi, angin, garis pantai indonesia(ombak), matahari
    dan sayangnya pembangkit indonesia masi banyak pake batubara dan minyak... selain biaya mahal indonesia salah satu penyumbang CO2 tertinggi... ini yang harus di perbaiki dahulu..

    BalasHapus
  2. apik e dimana?, coba di cerahkan saya ini.

    iya, setuju banget, maksimalin yang ada tapi ga perlu dengan merusak alam .

    BalasHapus